headline photo

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pengukuran Luas Daerah Persegi Dan Persegi Panjang Menggunakan Alat Peraga Petak Persegi Satuan

Sunday, September 2, 2012

Seiring dengan berkembangnya pendiddikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, lulusan pendidikan  di Indonesia harus memiliki keunggulan yang sesuai dengan satandar pendidikan nasional dan internasional. Untuk menghadapai keunggulan yang sesuai dengan standar pendidikan Indonesia dituntut untuk memilikim sumber daya yang handal dan berkompetensi secara global sehingga menghasilkan kwalitas yang baik. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa SD Atikan Sunda 2 dalam mengerjakan dan menyelesaikan  soal matematika mengenai mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang. Mengingat pengukuran sangat diperlukan dalam kehidupan nyata, diharapkan siswa sudah dapat mempelajarinya sejak dini agar tidak salah tafsir di pembelajaran pengukuran selanjutnya.

Dengan menggunakan alat peraga petak persegi saatuan diharapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari pengukuran luas daerah persegi dan persegi panjang. Pada dasarnya siswa sekolah dasar berada pada tahapan operasional kongkret, yang mana mereka akan lebih memahami pembelajaran dengan menggunakan alat persaga karena lebih terlihat jelas dan nyata. Adapun alat peraga petak persegi satuan dibuat dari bahan plastic taransparan yang diberi garis-garis sehingga membentuk petak-petak satuan berukuran kecil, dan alat peraga tersebut dapat digunakan dengan mudah dan cepat, dapat diraba, dilihat dan dipindah-pindahkan sehinggga tidak menyulitkan bagi siswa.

Sementara model penelitian yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian yang berpedoman pada Kemmis dan Mc.Tagarat, hal ini dilakukan karena dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua siklus yang didalam setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan yang saling menguraikan. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan, dengan kata lain alat peraga merupakan faktor penunjang dalam meningkatkan taraf pemahaman siswa  menerima pembelajaran, sehingga tingkat keberhasilan siswa  berkembang dan meningjkat.

0 comments:

Post a Comment