headline photo

Penerapan M0del Contekstual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Materi Proses Pembentukan Tanah Karena Pelapukan

Sunday, September 2, 2012

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas V SDN MANDALASARI Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 49 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan empat kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes tertulis. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan CTL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajarab  IPA siswa kelas V SDN MANDALASARI  Kabupaten Sukabumi dilakukan dengan cara: (1) memberikan apersepsi kepada siswa untuk membangun keatifan dan kreatifitas siswa, (2) memberikan kesempatan bertanya kepada siswa, (3) menyediakan LKS yang menuntun siswa untuk menemukan konsep materi yang dipelajari, (4) pembelajaran dilakukan secara berkelompok, tiap kelompok 7 siswa, (5) pemodelan oleh guru atau siswa, (6) melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai pengetahuan yang telah diperoleh siswa untuk memberikan penguatan dan mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari, (7) memberikan penilaian secara menyeluruh pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN MANDALASARI Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 49 siswa. Peningkatan tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA  mencapai 73,36  pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 88,80 dan pada siklus III meningkat menjadi 9,80. Persentase nilai rata-rata setiap aspek meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA juga telah mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar siswa kelas V SDN MANDALASARI Kabupaten Sukabumi pada pembelajaran IPA subpokok bahasan Prosese pembentukan tanah karena pelapukan menunjukan peningkatan kualitas hasil belajar yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa guru dapat meningkatkan hasil belajar  siswa dengan terlebih dahulu merencanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kontekstual, sehingga kinerja guru juga lebih baik. Berkaitan dengan kesimpulan penelitian, penulis merekomendasikan agar guru diharapkan dapat menciptakan situasi pembelajaran yang bermakna bagi siswa dengan cara mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kontekstual.
Daftar Isi s_pgsd_0805863_table_of_content.pdf
Bab I s_pgsd_0805863_chapter1.pdf
Bab II s_pgsd_0805863_chapter2.pdf
Bab III s_pgsd_0805863_chapter3.pdf
Bab IV s_pgsd_0805863_chapter4.pdf
Bab V s_pgsd_0805863_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0805863_bibliography.pdf

0 comments:

Post a Comment