headline photo

Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Langit Kelas IV Melalui Penggunaan Pedoman Membaca

Sunday, September 2, 2012

Dalam pengmbilan judul pada sktifsi ini adalah ” PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT KELAS IV DI MELALUI PENGGUNAAN PEDOMAN MEMBACA”(Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Bojong Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur), latar belakang dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman serta meningkatkan minat baca pada siswa pada pembelajaran IPA dan untuk memperbaiki nilai yang di peroleh pada semester satu yang cukup rendah. 

Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus proses pembelajaran. Siklus 1 yaitu membahas tentang perubahan kenampakan bumi dengan sub pokok bahasan pengaruh pasang surut air laut, kebakaran hutan dan erosi. Siklus 11 membahas tentang penampakan benda langit dengan sub pokok bahasan kenampakan matahari dan bintang. Siklus ke 111 yaitu membahas tentang kenampakan bulan (posisi bulan dari ke hari dalam satu bulan). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes pada siklus 1 yaitu 5,29, siklus ke 11 adalah 6,29 dan silkus 111 yaitu 7,62, sedangkan nilai yang diperoleh pada postest siklus 1 adalah 6,04, siklus 11 adalah 69 dan siklus ke 11 adalah 8. data yang diperoleh peneliti dari subjek penelitian kelas IV SD Negeri Bojong Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur yang berjumlah 24, jenis data lain yang digunakan adalah pedoman membaca/LKS, format angket, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, penilain pretes dan postest hasil membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA Jika dibandingkan nilai pada hasil ulangan semester satu tahun pelajaran 2009/2010 dengan hasil penelitian sekarang, maka nilai siswa pada penelitian lebih besar, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat di simpulkan bahwa penggunaaan pedoman membaca memberikan dampak yang fositip yaitu memberikan peningkatan terhadap membaca pemahaman dan hasil belajar IPA , lebih lanjut dilakukan analisa terhadap laporan kegiatan siswa dari ke tiga siklus dan laporan pada siklus 111 siswa yang sedikit yang salah dalam mengisi lembar kerja siswa/pedoman membaca dibandingkan pada siklus 11 terutama padasiklus 1. peningkatan ini disebabkan berpengaruhnya penggunaan pedoman membaca yang telah membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, pembelajaran menjadi lebih baik karena telah termotivasi terutama pada kegiatan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan.
Daftar Isi s_pgsd_0805723_table_of_content.pdf
Bab I s_pgsd_0805723_chapter1.pdf
Bab II s_pgsd_0805723_chapter2.pdf
Bab III s_pgsd_0805723_chapter3.pdf
Bab IV s_pgsd_0805723_chapter4.pdf
Bab V s_pgsd_0805723_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0805723_bibliography.pdf

0 comments:

Post a Comment