headline photo

Penggunaan Media Kongkrit Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Bunga Dan Fungsinya

Sunday, September 2, 2012

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa nilai hasil belajar IPA pada materi struktur bunga dan fungsinya masih kurang yaitu masih di bawah KKM. Sehingga perlu dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan hasil belajar. Permasalahan penelitian yang dikemukakan adalah model pembelajaran yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN.Babakan Limbangan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan, peningkatan hasil belajar tentang materi struktur bunga dan fungsinya dengan menggunakan media kongkrit.
 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan oleh Kemmis Dan Tagart yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dar Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN. Babakan Limbangan Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Lembar Observasi, Lembar Evaluasi, dan Lembar Kerja Siswa.

Hasil penelitian berupa data yang diperoleh dari alat pengumpul data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar materi bunga dan fungsinya dengan menggunakan media kongkrit. Pada siklus I nilai rata – rata yang diperoleh dari hasil tes sebesar 73,47, dan nilai rata – rata  pada siklus II sebesar 82,17. Hambatan selama penelitian ini adalah susahnya memanipulasi ide.
Daftar Isi s_pgsd_0708203_table_of_contentx.pdf
Bab I s_pgsd_0708203_chapter1x.pdf
Bab II s_pgsd_0708203_chapter2x.pdf
Bab III s_pgsd_0708203_chapter3x.pdf
Bab IV s_pgsd_0708203_chapter4x.pdf
Bab V s_pgsd_0708203_chapter5x.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0708203_bibliographyx.pdf

0 comments:

Post a Comment