headline photo

Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi Gejala Kenampakan Alam Melalui Pengamatan Lingkungan Di Kabupaten Bandung

Sunday, September 2, 2012

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS yang ditandai dengan diperolehnya nilai rata-rata ulangan 55,3 sedangkan KKM yang ditetapkan 70. Sementara itu ketercapaian KKM hanya 33,3% dari yang seharusnya minimal 75%. Begitu pula pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional dengan metode ceramah berlatar kelas. Penelitian ini ditujukan pada penggunaan metode pengamatan lingkungan dalam pelajaran IPS tentang gejala kenampakan alam di kelas IV SDN Margahayu XIII Kabupaten Bandung. 

Bertolak dari permasalahn tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan meneliti : (1) Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gejala kenampakan alam di Kabupaten Bandung melalui pengamatan lingkungan, (2) Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gejala kenampakan alam di Kabupaten Bandung melalui pengamatan lingkungan, dan (3) Peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi gejala kenampakan alam di Kabupaten Bandung melalui pengamatan lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kualitatif dengan analisis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data hasil pengamatan langsung yang diadaptasi dari model Jhon Eliot. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup serius yaitu dari prasiklus ke siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 10,7 dari 55,3 menjadi 66,0 dan terjadi peningkatan ketercapaian KKM sebesar 33,3% yaitu dari 33,3% menjadi 66,7% (meningkat 100%). Sementara itu dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,7 yaitu dari 66,0 menjadi 77,7 dan terjadi peningkatan ketercapaian KKM sebesar 16,6% yaitu dari 66,7% menjadi 83,3%. Saran yang ingin disampaikan dalam penelitian ini, yaitu (1) Guru dapat mengkaji dan mengimplementasikan model pengamatan lingkungan pada pelajaran IPS untuk meningkatkan rasa cinta akan lingkungan, (2) Sekolah diharapkan mampu mensosialisasikan pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar, dan (3) Peneliti selanjutnya diharapkan adanya penelitian lanjutan yang mengembangkan pendekatan pembelajaran pengamatan lingkungan pada mata pelajaran dan kelas lain.
Daftar Isi s_pgsd_0806007_table_of_content.pdf
Bab I s_pgsd_0806007_chapter1.pdf
Bab II s_pgsd_0806007_chapter2.pdf
Bab III s_pgsd_0806007_chapter3.pdf
Bab IV s_pgsd_0806007_chapter4.pdf
Bab V s_pgsd_0806007_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0806007_bibliography.pdf

0 comments:

Post a Comment