headline photo

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS

Sunday, September 2, 2012

Penelitian ini dilaksanakan karena melihat adanya fakta semakin buruknya nilai mata pelajaran IPS dibanding mata pelajaran yang lain.Selain itu, antusias siswa terhadap pelajaran IPS sangat kurang karena siswa merasa jenuh ketika proses belajar Mengajar berlangsung.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga minat belajar terhadap pelajaran IPS.Metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research).Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif melalui diskusi teknik Jigsaw.

Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan dua kali pertemuan di tiap siklusnya.Pada pelaksanaan siklus I, peningkatan pembelajaran siswa masih belum muncul, terlihat dari hasil belajarnya yang belum memenuhi KKM, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dan juga aktifitas belajar siswa.Ini ditunjukkan dengan kerjasama yang terjalin diantara masing-masing kelompok.Selain itu, rasa percaya diri siswa ketika memaparkan temuannya dari sumber lain seperti buku dan internet yang ditugaskan guru menunjukkan bahwa siswa antusias terhadap pelajaran IPS. Model pembelajaran kooperatif dirasa sangat efektif untuk meningkatkan hasil Belajar siswa karena siswa secara bersama-sama dapat memahami materi Jasa dan Peranan Tokoh Di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan secara bersama-sama dengan pembagian materi yang ditentukan guru.Namun dalam pelaksanaannya terkadang masih terganjal sarana dan prasarana. Oleh karena itu rekomendasi untuk kepala sekolah dan guru diharapkan dapat meningkatkan sarana dan Prasarana yang dapat mendukung peningkatan kualitas belajar siswa,dan guru diharapkan menambah kembali metode pembelajaran selain metode ceramah.Guru tidak harus menghapuskan metode ceramah, tetapi menambahkan metode ceramah yang diimbangi dengan metode atau model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Daftar Isi s_pgsd_0603821_table_of_content.pdf
Bab I s_pgsd_0603821_chapter1.pdf
Bab II s_pgsd_0603821_chapter2.pdf
Bab III s_pgsd_0603821_chapter3.pdf
Bab IV s_pgsd_0603821_chapter4.pdf
Bab V s_pgsd_0603821_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0603821_bibliograpy.pdf

0 comments:

Post a Comment