headline photo

Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Pendekatan Kontekstual

Sunday, September 2, 2012

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas VB SD Negeri Cibeber 02 tahun 2011 melalui pendekatan kontekstual. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri Cibeber 02, Cibeber, Cianjur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, wawancara dan  tes. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) ada peningkatan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat bangun ruang setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I dan Siklus II . (2) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan kontekstual ini adalah: (a) pembentukan kelompok kerja dilakukan oleh siswa sendiri dan sedikit interpensi guru untuk mengatasi kendala kurang membaurnya siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, (b) penggantian model dengan siswa yang jarang tampil di depan kelas untuk mengatasi kendala kurangnya perhatian siswa terhadap model yang ditampilkan, (c) pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual, (d) penambahan motivasi dari guru untuk mengatasi kendala ketidak beranian siswa untuk bertanya. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas VB SD Negeri Cibeber 02 Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur semester II Tahun Ajaran 2010-2011.
Daftar Isi s_pgsd_0908122_table_of_content.pdf
Bab I s_pgsd_0908122_chapter1.pdf
Bab II s_pgsd_0908122_chapter2.pdf
Bab III s_pgsd_0908122_chapter3.pdf
Bab IV s_pgsd_0908122_chapter4.pdf
Bab V s_pgsd_0908122_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0908122_bibliography.pdf

1 comments:

valdermarjaasen said...

TINNETON HOLDINGS - Titanium Hockey Stick
TINNETON titanium magnetic HOLDINGS. No titanium sheet metal information is available for this page.Learn titanium charge why · Uploaded by TINNETON HOLDINGS - titanium white octane TINNETON HOLDINGS iron titanium token

Post a Comment