headline photo

Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Peristiwa Rengasdengklok Pada Pembelajaran IPS SD

Sunday, September 2, 2012

Penelitian ini berjudul  Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi peristiwa Rengasdengklok (PTK Kelas v di SDN. Sukamulya 3 Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur). Jumlah siswa di kelas V A adalah 24 orang, yang terdiri dari 17 Laki – laki dan 7 Perempuan. Realitas selama ini di SDN Sukamulya III khususnya di kelas V A dalam proses pembelajaran IPS, anak kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran IPS cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered), buku teks dan hanya media. Dalam pembelajaran IPS banyak yang beranggapan bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran yang membosankan. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mencoba meneliti metode apa yang cocok untuk pembelajaran IPS khususnya mengenai materi peristiwa Rengasdengklok.

Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang di dalamnya menggunakan teknik pengumpulan data dari hasil pre test, post test dan observasi. Hasil yang diperoleh dari setiap siklus diantaranya: siklus 1: sebanyak 11 orang (45.83%) dari 24 siswa mendapat nilai < 60 dan sebanyak 13 orang (54.17%) mendapat nilai > 60. siklus 2: sebanyak 18 orang (75%) dari 24 siswa mendapat nilai > 60 dan sebanyak 6 orang (25%) mendapat nilai < 60. siklus 3: sebanyak 21 orang (87.5%) dari 24 siswa mendapat nilai > 60 dan 3 orang (12.5%) mendapat nilai < 60. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi  peristiwa Rengasdengklok meningkat, hal ini berimbas pada naiknya hasil belajar siswa. Keberhasilan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab menggambarkan bahwa pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sangatlah tinggi. Selain itu, setiap guru harus menguasai berbagai metode mengajar yang sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Daftar Isi s_pgsd_0904524_table_of_content.pdf
Bab I s_pgsd_0904524_chapter1.pdf
Bab II s_pgsd_0904524_chapter2.pdf
Bab III s_pgsd_0904524_chapter3.pdf
Bab IV s_pgsd_0904524_chapter4.pdf
Bab V s_pgsd_0904524_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_pgsd_0904524_bibliography.pdf

0 comments:

Post a Comment