Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil pembelajaran IPA tentang Sifat dan Gerak Benda melalui Metode Eksperimen di kelas IIIB SDN Cilangkap I Tapos Depok. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilangkap I, Kecamatan Tapos Kota Depok khususnya dikelas IIIB. Penelitian ini dilakukan dengan metode siklus Putaran yang mengacu pada model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, banyaknya siklus ada 3 yaitu Siklus I, Siklus II, Siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran guru dan siswa dengan mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada siklus III.
Keberhasilan penggunaan metode eksperimen dibuktikan dengan semakin meningkatnya hasil pembelajaran IPA tentang Sifat dan Gerak Benda dikelas IIIB SDN Cilangkap I Tapos Depok. Hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang memberi pengalaman bagi siswa untuk mengalami langsung dan menemukan sendiri konsep dari IPA sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan kehidupan sehari-hari.
Bab I s_psikolog_0700283_chapter1(1).pdf Bab II s_psikolog_0700283_chapter2(1).pdf Bab III s_psikolog_0700283_chapter3(1).pdf Bab IV s_psikolog_0700283_chapter4(1).pdf Bab V s_psikolog_0700283_chapter5(1).pdf Daftar Pustaka s_psikolog_0700283_bibliograpy(1).pdf
0 comments:
Post a Comment