headline photo

Efektivitas Pembelajaran Menulis Di SD Berladaskan Sastra Berbentuk Puisi

Friday, August 10, 2012

Kemampuan menulis tidak diperoleh begitu saja, tetapi melalui latihan dan bimbingan yang intensif. Masalahnya bagaimanakah menjadikan menulis itu mudah bagi siswa SD? Tujuan yang diharapkan adalah untuk meningkatkan kemampuan menulias di SD berlandaskan sastra berbentuk puisi . Untuk menjadikan menulis mudah bagi peserta didik guru diharapkan kreatif menciptkan strategi dan metode pembelajaran menulis. Selain itu, kesadaran guru untuk membentengi dirinya pengetahuan, kreativitas, dan keterampilan dalam membimbing murid untuk terampil menulis.


Salah satu strategi yang ditawarkan dalam mengatasi masalah menulis yaitu, diharapkan guru menjadikan teks puisi sebagai landasan dalam pembelajaran menulis di SD Pengembangan kemampuan menulis berlandaskan puisi dapat dimulai dengan pembacaan puisi, menjawab pertanyaan dan mendengarkan nyanyian. Selanjutnya membuat puisi atau mengubahnya ke dalam bentuk seperti cerita, drama, analisis unsur instrinsik puisi dan bentuk tulisan yang lainnya. Adapun teknik mengajarkan apresiasi puisi : mendengarkan, membaca dalam hati, membaca nyaring, melibatkan emosi, dan menganalisis unsur puisi. Kesimpulannya bahwa dengan menjadikan sastra puisi sebagai landasan dalam menulis, maka kemampuan menulis siswa SD akan meningkat, karena siswa tidak lagi harus mermikirkan objek apa yang akan diutarakan dalam tulisan, tetapi sudah ada dasar yang diambil dari puisi, siswa langsung mengubahnya ke dalam bentuk yang lain namun makna yang terkandung dalam tulisan tetap sama dengan bentuk aslinya hanya di alih bentuk saja.
Download Link: http://adf.ly/Bjz6s

0 comments:

Post a Comment