headline photo

Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sma Muhammadiyah Kota Malang

Monday, August 6, 2012

Hasil penelitian ini yaitu (1) Kesiapan guru dalam memahami, menerima dan menyiapkan pelaksanaan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diperoleh gambaran secara umum bahwa Ibu/Bapak guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) hanya mengetahui informasi rencana pemberlakuan MPBP melalui seminar, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan pengawas sekolah. Untuk isi dan pedoman pelaksanaannya belum diketahui secara jelas. 
 
Sementara ini, guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) masih mempelajari dan memahami sistem pelaksanaan MPBP. Sedangkan kesiapan guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat dikatakan masih belum matang dan belum menguasai sepenuhnya mengenai model pembelajaran dan sistem penilaian portofolio, disebabkan belum ada penjelasan secara resmi dan pasti dari pihak DIKNAS tentang pelaksanaan teknis sistem model pembelajaran berbasis portofolio. (2) Faktor penghambat lebih dominan dibandingkan dengan faktor penunjangnya, disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan sekolah serta kurangnya informasi yang diperoleh guru tentang model pembelajaran berbasis portofolio. Adapun saran-sarannya yaitu: (1) Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Departemen Pendidikan Nasional harus segera memberikan format yang jelas tentang pelaksanaan model pembelajaran berbasis portofolio baik secara teori maupun teknis di lapangan, (2) Perlu adanya partisipasi dari pemerintah, guru dan masyarakat dalam memberikan bantuan baik material maupun spiritual untuk pelaksanaan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran PKn. Adanya pro-aktif dari guru untuk selalu mengakses dan mencari informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan persiapan dalam menyongsong pelaksanaan model pembelajaran berbasis portofolio.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/46/jiptummpp-gdl-s1-2005-dianarosid-2264-PENDAHUL-N.pdf

0 comments:

Post a Comment