headline photo

Penerapan Lima Strategi Umum Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Wednesday, August 8, 2012

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah rendahnya motivasi belajar dan kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa serta keterlibatan siswa dengan kehidupan nyata. Center of Occupational and Development (CORD) menyampaikan lima strategi yang dapat meningkatkan aktivitas belajar yang dikenal dengan istilah REACT yaitu: relating, experiencing, appling, cooperating, dan transferring. 


Dengan menerapkan kelima strategi umum pembelajaran kontekstual tersebut aktivitas pembelajar (siswa) akan dapat ditingkatkan. Aktivitas belajar siswa akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Semakin tinggi tingkat aktivitas belajar baik secara fisik maupun mental yang dilakukan oleh seorang siswa, maka akan semakin tinggi hasil belajar yang akan diperoleh oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Malang pada semester 2 dalam pembelajaran Biologi. Upaya ini perlu dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar dengan menerapkan lima strategi umum pembelajaran kontekstual yaitu strategi REACT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang menurut rancangan Kemmis dan Mc Tagggart . PTK akan dilaksanakan dalam tiga siklus. Siswa yang diberi tindakan adalah siswa kelas VII SMP Muhamadiyah Malang semester 2 tahun ajaran 2005/2006. Kolaboratornya adalah guru biologi sekolah tersebut yaitu Ibu Dra. Nur Hidayah. Pada siklus I terjadi penurunan rata-rata hasil belajar kelas dibanding dengan sebelum PTK yaitu dari 64.31 menjadi 57.88; pada siklus II dan III naik menjadi 67.33 dan 74.3. Ketuntasan klasikal juga meningkat secara berurutan dari sebelum PTK, siklus I, II, dan III berturut-turut adalah: 60%, 74.43%, 77.10%, dan 82.86%. Nilai terendah siswa sebelum PTK adalah 40 dan pada akhir siklus III menjadi 50. Berdasarkan hasil penelitian pada akhir siklus III dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual REACT dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Peningkatan hasil belajar tersebut terutama disebabkan adanya peningkatan aktivitas belajar, sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, akibat penerapan REACT. ABSTRACT One of the cause of student?s low achievement is due to the low study motivation and student?s lack activities in learning process. Contextual learning is a learning model is mainly focused on student?s activity and participation in a real life. Center of Occupational and Development (CORD) states five general strategy in improving the study achievement which is known as REACT namely: relating, experiencing, appling, cooperating, and transferring. 

By applying those five strategy in that contextual situation it hoped that studen?t achievement can be improved. Student?s activity really affects their study achievement. The higher the activity they have, the higher achievement they have in both physically and mentally. This study aims at improving the student?s achievement of SMP Muhammadiyah Malang at the second semester of first grade in Biology matter. To overcome the low achievement activity then it is necessary that we apply those five strtaegy REACT. This a classroom action research study by using Kemmis and Mc Tagggart design . It is done in three phases. The students given treatments are the students of SMP Muhammadiyah Malang at the second semester of first grade in the 2005/2006 academic year. It is done collaboratively with their biology teacher , she is Ibu Dra. Nur Hidayah. In its first phase we find that there is a decrease on its average achievement compared to the state beforegiving the treatment. It is about 64.31 then becomes 57.88; in the second and third phase it becomes 67.33 and 74.3. the calssical reach is also increasing continously before the treatment, the ordinal phase are as follows: 60%, 74.43%, 77.10%, and 82.86%. the lowest score of this classroom action research is about 40 and at the end of the third phase it becomes 50. Based on its study result at the end of third phase it can be concluded that the application of this strategy REACT for students of first grade of SMP Muhammadiyah Malang at the second semester in Biology matter is proven to able to improve the achievement of its students in cognitive aspect. It is due to the improvement of student?s activity, motivation and involvement due to the use of REACT strategy.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/246/jiptummpp-gdl-s1-2008-nellyaelyt-12272-1.+PENDA-N.pdf

0 comments:

Post a Comment