headline photo

Perubahan Kadar Amilum Dan Gula Reduksiumbi Ubi Jalar

Sunday, August 5, 2012

Tanaman Ipomoea batatas Lam.Poir merupakan tanaman ubi-ubian yang umbinya dimanfaatkan untuk bahan makanan yang banyak mengandung amilum. Tanaman ubi jalar dipanen bila ubi-ubinya sudah matang dan kadar tepungnya maksimal, ditandai dengan kadar serat yang rendah, bila direbus rasannya enak serta tidak berair. Ubi jalar memiliki peran penting sebagai cadangan makanan, sehingga untuk mempertahankan daya gunannya perlu dilakukan penyimpanan. 


Penyimpanan menyebabkan adannya perubahan fisik, seperti: bau, rasa, tekstur dll, sedangkan perubahan kimia meliputi: perubahan karbohidrat, lemak, protein, keasaman dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kadar amilum dan gula reduksi umbi ubi jalar pada berbagai cara dan lama penyimpanan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Agust-30 Sept 2003 di laboratorium kimia. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan dengan rancangan penelitian faktorial design. Variabel bebasnya, yaitu cara dan lama penyimpanan. Cara penyimpanannya, yaitu umbi ubi jalar yang dicuci, tidak dicuci dan dibiarkan batang induknya. Lama penyimpanannnya, 0 hari, 10 hari, 20 hari, 30 hari dan 40 hari. Variabel terikatnya, yaitu: kadar amilum dan gula reduksi, variabel kontrolnya berat umbi ubi jalar. Populasi penelitian adalah jumlah keseluruhan umbi ubi jalar yang diperoleh dari Dsn Wunut, Desa Tegal Gondo, Kec. Karang Ploso, Kab. Malang. Sampel penelitiannya, yaitu 75 umbi ubi jalar varietas lokal untuk 15 perlakuan denngan 3 ulangan. 

Teknik pengambilan sampel dilakukan denngan metode simple random sampling (pengambilan dengan acak sederhana). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa selama proses penyimpanan terjadi penurunan kadar amilum yang diikuti kenaikan kadar gula reduksi sampai batas waktu tertentu. Kombinasi berbagai cara dan lama penyimpanan umbi ubi jalar tidak efektif mempengaruhi perbedaan rata-rata kadar amilum, namun efektif mempengaruhi perbedaan rata-rata kadar gula reduksi. Penyimpanan umbi ubi jalar yang paling baik dilakukan dengan cara membiarkan batang induk menempel pada umbi dan disimpan ? 30 hari
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/31/jiptummpp-gdl-s1-2004-sriwidiyan-1524-Pendahul-n.pdf

0 comments:

Post a Comment