headline photo

Pengetahuan Siswa SLTP I Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Tentang Tanaman Obat Tradisional

Sunday, August 5, 2012

Obat tradisional atau jamu tradisional semakin banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat serta sebagian besar industri, hal ini dipicu lagi setelah banyak negara-negara maju mengadakan riset untuk penemuan obat yang berasal dari tumbuhan yang ternyata banyak memberikan harapan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Pengembangan budidaya tanaman obat tradisional selain dilakukan oleh para petani, dapat juga dilakukan oleh pihak pendidikan khususnya para siswa.

Karena pada siswa tersebut merupakan generasi penerus sekaligus menjadi pelopor bagi masyarakat untuk mengembangkan berbagai macam tanaman obat tradisional di Indonesia. Salah satu pelopor sebagai generasi penerus bagi masyarakat, khususnya di Udanawu Blitar adalah siswa SLTPN 1 Udanawu Blitar yang sampai saat ini para siswa tersebut belum pernah dilakukan penelitian tentang tanaman obat dan belum terungkapnya pengetahuan siswa tentang tanaman obat tradisional, padahal di sekitar lokasi SLTP tersebut banyak tumbuh berbagai jenis tanaman obat tradisional yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan siswa tentang tanaman obat tradisional dan untuk mengetahui jumlah prosentase pengetahuan siswa SLTPN 1 Udanawu tentang tanaman obat tradisional. 

Penelitian ini dilakukan di SLTPN I Udanawu Blitar pada tanggal 5 Agustus 2003 Berdasar sifat masalahnya, penelitian ini berjenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SLTPN 1 Udanawu Blitar sebanyak 909 siswa, sedangkan sampelnya yaitu siswa-siswi SLTPN 1 yang duduk di kelas 1, 2 dan 3 sebanyak 90 siswa. Untuk menganalisis data digunakan rumus prosentase. Dari hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan siswa tentang tanaman obat tradisional didapatkan rerata sebanyak 3.2 yang berarti dapat dikategorikan baik. Sedangkan prosentase pengetahuan siswa SLTPN 1 Udanawu Blitar tentang tanaman obat tradisional yaitu sebanyak 99,9 % Siswa mengetahui dengan benar definisi tanaman obat tradisional. 31 % siswa sering mendapatkan manfaat tanaman obat, 83,3 % siswa mendapatkan manfaat tentang tanaman obat tradisional lebih dari 3 kali. 87,8 % siswa pernah menanam tanaman obat tradisional, 3,3 % siswa pernah menanam lebih dari 10 jenis tanaman obat. Sebanyak 88,9% siswa merasa sangat penting mananam tanaman obat. 3,3 % siswa sering mengobati suatu penyakit dengan ramuan tanaman obat tradisional, 41 % siswa membutuhkan banyak informasi tentang tanaman obat tradisional. 82,2 % siswa mengetahui lebih dari 10 jenis tanaman obat. 64,4 % siswa mengetahui lebih dari 10 jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman obat tradisional.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/24/jiptummpp-gdl-s1-2004-ibnunazimb-1198-Pendahul-n.pdf

0 comments:

Post a Comment