headline photo

Tingkat Pengetahuan Dan Persepsi Nelayan Di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur Terhadap Konservasi Penyu Laut

Sunday, August 5, 2012

Pantai selatan Pacitan merupakan suatu kawasan pantai di Jawa Timur yang sangat mungkin digunakan sebagai lokasi peneluran penyu laut. Hal ini di dukung dari data panjang pantai sekitar 120 km, laut merupakan samudera yang cocok untuk habitat penyu serta sepanjang aliran sungai yang bermuara ke pantai tidak teridentifikasi adanya pencemaran yang berat. Dengan kondisi tersebut sangat memungkinkan pengembangan pantai Pacitan sebagai lokasi konservasi penyu laut.Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengetahuan dan persepsi nelayan serta hubungan keduanya di kecamatan Ngadirojo kabupaten Pacitan propinsi Jawa Timur terhadap konservasi penyu laut.


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan persepsi nelayan di kecamatan Ngadirojo kabupaten Pacitan propinsi Jawa Timur terhadap konservasi penyu laut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakn metode kuesioner dan wawancara. Sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakn metode simple random sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 10 Juli sampai dengan 5 Agustus 2003.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan nelayan di kecamatan Ngadirojo kabupaten Pacitan terhadap konservasi penyu laut secara keseluruhan adalah sedang yang berarti nelayan di kecamatan Ngadirojo cukup mengetahui adanya konservasi penyu laut.. Sedangkan tingkat persepsi nelayan di kecamatan Ngadirojo kabupaten Pacitan terhadap konservasi penyu laut secara keseluruhan adalah sangat rendah yang berarti nelayan di kecamatan Ngadirojo tidak setuju adanya konservasi penyu laut didaerahnya.

Hasil analisis korelasi Spearman menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,747 lebih besar dari nilai 0,5. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat. Sedangkan nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Dari perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan nelayan maka semakin tinggi pula tingkat persepsi nelayan tersebut.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/13/jiptummpp-gdl-s1-2004-ekoprayogo-650-PENDAHUL-N.PDF

0 comments:

Post a Comment