headline photo

Implikasi Lingkungan Keluarga Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Prasekolah

Friday, August 10, 2012

Anak memperoleh bahasa melalui lingkungannya yang dimulai sejak lahir hingga akhir hayatnya. Anak usia prasekolah dalam memperoleh bahasa meniru ucapan orang di lingkungannya atau sekitarnya, ada bentuk peniruan kreatif sempurna dan ada pula bentuk peniruan kreatif yang tidak sempurna. Selain peniruan terjadi pula penguatan yang dialami oleh anak. ini juga menunjukkan adanya pertukaran fonem, penambahan fonem, penghilangan fonem, dan penggantian fonem yang dialami anak usia prasekolah. Pemerolehan fonem pada anak usia prasekolah telah dapat mengucapkan enam macam bunyi vocal, antara lain fonem / a, i, u, e, o, dan /. Fonem konsonan yang telah dikuasainya yaitu fonem /b, p, m, t, d, p, c, n, n, n, g, l, k, y, dan w/.


Bentuk afiksasi yang pada usia ini adalah bentuk: na-, ta?-, di-, i-, ta? + ki, na + i selain bentuk afiksasi, terdapat pula bentuk reduplikasi yaitu reduplikasi murni. Pemerolehan kalimat mengalami beberapa tahap antara lain: tahap satu kata, dua kata dan tahap lebih dari dua kata yang dinamakan pula tahap ujaran telegrafis. Dalam pemerolehan makna kata yang pertama kali dikuasai oleh anak adalah jenis kata benda, (fenomena) dan kata ini adalah yang paling banyak dikuasainya dibanding dengan kata-kata lainnya.
Download Link: http://adf.ly/BjzEH

0 comments:

Post a Comment