headline photo

Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan

Monday, August 6, 2012

Pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas, terutama untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan. Untuk itu pengembangan profesionalisme guru perlu ditingkatkan. Hal tersebut diperlukan untuk mengantisipasi kecanggihan ilmu pengetahuan dan globalisasi. Keberadaan guru yang profesional bagi suatu bangsa sangatlah penting apalagi suatu bangsa yang sedang membangun. Terlebih-lebih bagi keberlangsungan hidup bangsa ditengah-tengah lintasan zaman dengan teknologi yang semakin canggih dan segala perubahan serta pergeseran nilai yang cenderung memberi nuansa kepada kehidupan yang menuntut ilmu pengetahuan dan seni dalam kadar dinamik untuk dapat mengadaptasikan diri. 


Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui upaya sekolah dalm peningkatan profesionalisme guru PKn di MAN Malang 1, (2) untuk mengetahui respon guru PKn dengan adanya upaya peningkatan profesionalisme guru di MAN Malang 1, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat adanya upaya peningkatan profesionalisme guru PKN di MAN Malang 1. Rancangan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah rancangan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN Malang 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber, kemudian mangadakan reduksi data, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran data menjadi teori substantif dengan menggunakan metode tertentu.Tahap-tahap penelitian dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan terakhir tahap laporan. Hasil penelitian yaitu: (1) mengetahui secara jelas tentang sejarah perkembangan MAN Malang 1,(2) upaya peningkatan Profesionalisme guru PKn di MAN Malang 1, (3) respon guru PKN dengan adanya upaya peningkatan profesionalisme guru, (4) faktor penunjang dan penghambat upaya peningkatan profesionalisme guru PKN di MAN Malang 1. faktor penunjang lebih dominan dari pada faktor penghambatnya misalnya adanya sarana prasarana yang menunjang seperti (komputer, OHP, audio Visual, dan lain-lain), para guru selalu terdorong untuk berkembang dengan mengikuti berbagai kegiatan seperi (MGMP, workshop, diklat,pelatihan dan lain sebagainya) sedangkan faktor penghambatnya adalah pengetahuan guru yang minim, kegiatannya selalu bentrok dengan kegiatan pembelajaran.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/130/jiptummpp-gdl-s1-2006-jamila0135-6456-PENDAHUL-N.PDF

0 comments:

Post a Comment