headline photo

Pengembangan Modul Pembelajaran Sosiologi Pendidikan Berbasis E-Learning Dengan Model Pembelajaran Web Centric Course

Friday, August 10, 2012

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Sosiologi Pendidikan yang berbasis e-learning dengan model pembelajaran web centric course di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas ILmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model rancangan sistem Kemp (1995) dan Dick and Carey (1990). Penelitian ini terdiri dari 3 tahap, tahap I dan II telah dilaksanakan pada tahun pertama dan kedua. Selanjutnya tahap III (tahun ketiga) penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan produk pengembangan melalui penelitian eksperimen. Subjek penelitian, mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNM semester empat. 


Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar yang mengacu pada taxonomi Bloom dan selanjutnya dianalisis secara kuantitatif melalui Uji t Dua Sampel Berpasangan (Paired Sample t Test). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan paket pembelajaran dalam perkuliahan. Melihat nilai rerata posttest yang lebih besar dari nilai rerata pretest, diketahui bahwa paket pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Download Link: http://adf.ly/Bk1wK

0 comments:

Post a Comment