headline photo

Perbedaan Metode Pengajaran Remedial terhadap Peningkatan Prestasi Belajar

Sunday, August 5, 2012

Pengajaran remedial merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru apabila ia menginginkan seluruh siswanya berhasil mempelajari bahan pelajaran yang diajarkan secara tuntas. Dalam tiap kelas, hampir tiap guru menemukan siswa yang prestasi belajarnya tidak mencapai apa yang diharapkan sekalipun ia telah berusaha untuk menyajikan sejelas mungkin bahan pelajaran. Hal ini wajar, karena keberhasilan belajar siswa tidak hanya tergantung pada faktor proses belajar-mengajar, tetapi banyak faktor yang dapat mempengaruhi.


Umumnya, pada setiap kelas kita menemukan beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar karena gangguan psikoneurologis. Persoalan pertama yang pelu dipecahkan oleh guru ialah bagaimana menetapkan bahwa seseorang benar- benar mengalami kesulitan belajar karena gangguan psikoneurologis dan ditambah lagi bahwa tingkat kesulitan belajar tidak sama pada setiap siswa yang mengalami gangguan psikoneurologis itu. Siswa yang mengalami gangguan psikoneurologis memerlukan bantuan khusus pada pendidikannya seperti dengan memberikan pengajaran remedial. Guru sambil berupaya menolong anak yang bersangkutan agar dapat menghadapi kesulitannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode pengajaran remedial terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Adapun penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas I MAN Negara dan sampelnya berjumlah 84 orang untuk 3 perlakuan.

Penelitian ini dilaksanakan tanggal 18 September-18 Oktober 2003 di MAN Negara-.Bali. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, Anava 1 faktor dan untuk mengetahui metode terbaik, menggunakan uji BNT( Beda Nyata Terkecil). Hasil analisis keragaman peningkatan prestasi menunjukkan ada pengaruh perbedaan dari masing-masing perlakuan untuk melihat sejauh mana pengaruh perbedaan tersebut diuji dengan BNT yang hasilnya perlakuan dengan metode penugasan menghasilkan peningkatan prestasi yang tertinggi dibandingkan metode diskusi.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/24/jiptummpp-gdl-s1-2004-yenirizka9-1197-Pendahul-n.pdf

0 comments:

Post a Comment