headline photo

Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kabupaten Sumenep

Monday, August 6, 2012

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana peran Dinas Pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep. (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana pendekatan ini cenderung mengarah kepada metode penelitian secara deskriptif, sehingga arah dan latar belakangnya mempunyai prosedur penelitian yang menghasilkan data yang nyata, jelas dan apa adanya atau deskriptif, tujuannya adalah mengetahui sejauh mana peran Dinas Pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep. 


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Dinas Pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep sesuai dengan implementasi UU No.22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah, dimana kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan perundang-undangan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan diantaranya memberikan penyuluhan, pembinaan dan pelatihan serta menyediakan sarana dan prasarana pendukung kepada setiap sekolah mengenai kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah pusat mengenai sistem pendidikan. 

Dengan sistem pendidikan pada saat ini dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan setiap proses administrasi pada institusi pemerintahan daerah merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam program pengembangan kapasitas (efektifitas dan efisiensi) akan tetapi kegiatan pengembangn kapasitas yang targetnya di daerah harus betul-betul memperhatikan kondisi dan kebutuhan daerah. Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep untuk meningkatkan kualitas pegawainya adalah dengan mengikutkan diklat serta studi banding, di samping itu sarana dan prasarana untuk kegiatan sudah tersedia dengan jumlah yang cukup. Berdasarkan hasil serta kesimpulan tersebut disarankan agar dipertahankan dan ditingkatkan pelaksanaan program kerja yang sudah dicapai dengan baik oleh Dinas pendidikan Kabupaten Sumenep.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/176/jiptummpp-gdl-s1-2007-lukmanhida-8757-PENDAHUL-N.pdf

0 comments:

Post a Comment