headline photo

Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Mahasiswa

Friday, August 10, 2012

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah Pendidikan Agama Islam berperan meningkatkan kesadaran beragama mahasiswa PGSD UPP Parepare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beragama mahasiswa PGSD UPP Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sebab dalam penelitian ini, peneliti akan mendeskripsikan secara jelas dan sistematis, juga melakukan eksplorasi, menggambarkan dengan tujuan untuk dapat menerangkan dan memprediksi terhadap suatu gejala yang berlaku atas dasar data yang diperoleh di lapangan. 


Populasi dalam penelitian ini adalah mencakup seluruh mahasiswa PGSD UPP Parepare FIP UNM. Sedangkan sampel diambil dengan memakai teknik purposive sampling, untuk itu ditetapkan 90 orang responden dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa yang pada semester ganjil tahun 2010/2011 mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam, yaitu observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data yang dijaring akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif, dengan diawali pengelompokan data, reduksi data, pemaparan data dan interpretasi data. Sedangkan data yang bersumber dari kuesioner akan dianalisis menggunakan rumus distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam berperan meningkatkan kesadaran beragama mahasiswa PGSD UPP Parepare. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya 100% responden yang menyatakan dan menunjukkan keyakinan mereka akan aqidah Islam. Sedangkan dalam bidang rukun Islam (ibadah) mencapai 73%, muamalah (62%), akhlak (73%) dan sejarah (82%). Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang materi pendidikan agama Islam, sehingga membentuk tiga sikap keagamaan mahasiswa, yaitu: melaksanakan ajaran agama dengan kesadaran, taqlid dan kebimbangan beragama.
Download Link: http://adf.ly/BjxxT

0 comments:

Post a Comment