headline photo

Pembelajaran Life Skill Dengan Metode Parent's Day

Monday, August 6, 2012

Rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan yang tidak kunjung teratasi. Secara garis besar permasalahan-permasalahan tersebut adalah masalah kualitas, pemerataan, relevansi serta efesiensi dan efektivitas pendidikan. Tingginya angka pengangguran di Indonesia merupakan salah satu indikasi rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu satu hal yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan pendidikan antara lain dengan pengembangan kurikulum yang mampu memberikan bekal kepada peserta didik untuk mampu menjalankan kehidupan dengan nikmat dan bahagia.

Salah satunya adalah pengembangan kurikulum berbasis sekolah yang mengarah pada kecakapan hidup (life skill) dengan metode parent?s day. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai konsep dasar pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang diterapkan di MTs Negeri Malang 1, (2) Memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai perencanaan pembelajaran kecakapan hidup (life skill) dengan metode parent?s day di MTs Negeri Malang 1, (3) Memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai pelaksanaanpembelajaran kecakapan hidup (life skill) dengan metode parent?s day di MTs Negeri Malang 1, (4) Memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup (life skill) dengan metode parent?s day di MTs Negeri Malang 1. Pendekatan dan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Malang 1. 

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, tepatnya riangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber, kemudian mengadakan reduksi data, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran data menjadi teori substantif dengan menggunakan metode tertentu. Tahapan penelitian dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan terakhir tahap pelaporan. Hasil penelitian meliputi: (1) Latar belakang diterapkannya pembelajaran life skill (kecakapan hidup) dengan metode parent?s day adalah pemberlakuan KBK yang menuntut sekolah mengaplikasikan salah satu komponennya dalam bentuk kecakapan hidup (life skill) dan juga sebagai bentuk partisipasi aktif orang tua dalam membelajarkan putra-putrinya. (2) Data tentang perencanaan pembelajaran life skill (kecakapan hidup) dengan metode parent?s day, perencanaan disusun oleh Litbang dengan mendata terlebih dahulu setiap jenis pekerjaan dari orang tua siswa melalui surat edaran. Setelah proses pendataan jenis pekerjaan, maka akan ditemukan orang tua siswa yang berkompeten. (3) Data tentang pelaksanaan pembelajaran life skill (kecakapan hidup) dengan metode parent?s day, dilaksanakan setiap hari Sabtu dari pukul 06.45 WIB s.d. pukul 08.20 WIB, dimana pada sesi pertama nara sumber diberi kesempatan untuk mempresentasikan materi, yang kemudian dilanjutkan dialog atau tanya-jawab pada sesi kedua. (4) Data tentang faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran life skill (kecakapan hidup) dengan metode parent?s day. Faktor penghambat dalam kegiatan ini adalah pencocokan jadwal nara sumber dengan sekolah, ketidakhadiran nara sumber, cara penyampaian materi yang kurang tepat, dan materi yang disampaikan tidak sesuai dengan kompetensi siswa. Sedangkan faktor pendukungnya adalah fasilitas yang mencukupi, kesediaan nara sumber, kerjasama yang baik, dan profesi atau kompetensi nara sumber.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/130/jiptummpp-gdl-s1-2006-imamnashok-6467-PENDAHUL-N.pdf

0 comments:

Post a Comment