headline photo

Upaya Penanggulangan Kenakalan Siswa SMU Islam Di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

Monday, August 6, 2012

Perubahan zaman ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengakibatkan perubahan sosial. Sebagai dampak selanjutnya akan dapat merubah tatanan nilai yang ada. Dalam menghadapi situasi demikian remaja (siswa) sering memiliki jiwa yang labil dan sensitif yang pada akhirnya tidak sedikit para remaja terjerumus kehal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai moral, norma agama, norma susila dan norma hukum yang ada di masyarakat oleh sebab itu remaja akan cenderung mempunyai tingkah laku yang tidak wajar dalam arti melakukan tindakan kenakalan yang menjadi persoalan yang dirasa semakin sulit dihindari dihampir semua negara.

Perhatian pemerintah maupun masyarakat terhadap kenakalan remaja telah banyak dicurahkan dalam bentuk diskusi maupun seminar yang diadakan oleh organisasi dan lembaga yang erat hubungannya dengan masalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Ingin mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa SMU Islam di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, (2) Ingin mengetahui faktor-faktor penyebab kenakalan siswa SMU Islam di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, (3) Mendiskripsikan upaya-upaya sekolah dalam penanggulangan kenakalan siswa SMU Islam di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Rancangan dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan jenis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMU Islam Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik quote sampling, yaitu kelas 2 dengan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara, angket dan observasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber, kemudian mengadakan reduksi data, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran data menjadi teori substantif dengan menggunakan metode tertentu. 

Tahapan penelitian dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan terakhir tahap pelaporan. Hasil penelitian ini yaitu (1) bentuk-bentuk kenakalan siswa SMU Islam di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, antara lain seragam sekolah (pakaian tidak dimasukan), terlambat masuk kelas/sekolah, membaca buku porno, kebut-kebutan di jalan raya, perkelahian pelajar (2) faktor-faktor penyebab kenakalan siswa SMU Islam di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yaitu rasa ingin tahu, rasa penasaran dan ingin mencoba serta lingkungan mereka bergaul dan tidak kalah pentingnya adalah bimbingan dan pengawasan dari oarang tua. (3) upaya-upaya sekolah dalam penanggulangan kenakalan siswa antara lain; dengan melengkapi fasilitas pendidikan seperti gedung, laboratorium, masjid, alat-alat pelajaran, alat-alat olah raga dan kesenian, alat-alat ketrampilan serta diadakanya kegiatan ektrakulikuler berupa Meding voice of SMU, Pramuka, PMR dan Komputer.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/123/jiptummpp-gdl-s1-2006-zainulabid-6108-PENDAHUL-N.pdf

0 comments:

Post a Comment