headline photo

Penerapan Sosiodrama Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengelola Konflik

Friday, August 10, 2012

Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran kemampuan siswa dalam mengelola konflik antar kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa sosiodrama di SMAN Negeri 14 Makassar, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa mengelola konflik antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa sosiodrama pada siswa SMAN 14 Makassar. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kemampuan siswa dalam mengelola konflik antara kelompok control dan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa sosiodrama, (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa mengelola konflik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa sosiodrama pada siswa SMA Negeri 14 Makassar. 


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Nonrandomized Control Group Pretes-Postest Design. Populasi sekaligus sampel sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis nonparametrik dengan uji wilcoxon Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) gambaran kemampuan siswa dalam mengelola konflik mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan berupa sosiodrama . (ii) Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan siswa dalam mengelola konflik antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa sosiodrama di SMA Negeri 14 Makassar. Dimana setelah diberikan perlakuan, kemampuan mengelola konflik lebih tinggi daripada sebelum diberikan perlakuan sosiodrama.
Download Link: http://adf.ly/Bk0IQ

0 comments:

Post a Comment