headline photo

Penerapan Kurikulum 2004 KBK Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Monday, August 6, 2012

Pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas terutama untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan. Dengan pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diharapkan dapat memberi solusi untuk memecahkan masalah kegagalan pendidikan dalam aspek kurikulum dan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk memperoleh diskripsi tentang penerapan kurikulum 2004 (KBK) pada mata pelajaran PKn yang digunakan guru di SMA Negeri 8 Malang, (2) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dari penerapan kurikulum 2004 (KBK) pada bidang studi PKn di SMA Negeri 8 Malang. 

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian jenis deskriptif kualitatif . Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang dengan subyek penelitiannya guru bidang studi PKn. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisa data menggunakan analisa data deskriptif kualitatif dengan maksud untuk menggambarkan fakta-fakta masalah yang diteliti sebagaimana adanya dan memusatkan perhatian pada masalah yang aktual. Hasil penelitian yaitu : (1) Mengetahui secara jelas tentang sejarah dan perkembangan SMA Negeri 8 Malang yang bermula dari Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP) yang dibina langsung oleh IKIP Malang, (2) Penerapan kurikulum 2004 (KBK) bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Malang yang meliputi : a) Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas, b) Pendekatan Pembelajaran Dan Penilaian, c) Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran, d) Pengembangan silabus dan e) Pelaksanaan Kurikulum, dan (3) Faktor penunjang dan penghambat dari kurikulum 2004 (KBK) pada bidang studi PKn di SMA Negeri 8 Malang. Faktor penunjang lebih banyak daripada faktor penghambat karena sekolah tersebut sudah siap dengan kurikulum yang baru. Dan sekolah ini sudah menyambut dengan baik kurikulum 2004 (KBK) dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan menyiapkan sumber daya manusianya untuk bisa mewujudkan pelaksanaan KBK sesuai dengan yang diharapkan.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/44/jiptummpp-gdl-s1-2005-dewinatali-2167-PENDAHUL-N.pdf

0 comments:

Post a Comment