headline photo

Studi Mengenai Kesegaran Ikan Yang Disimpan Dalam Mesin Pendingin

Saturday, August 4, 2012

Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang banyak mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu ikan juga memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan dapat digunakan sebagai pengganti daging ternak, namun ikan juga termasuk bahan pangan yang mudah sekali busuk apabila tidak mendapatkan penanganan yang kurang baik khususnya setelah penjualan di pasar. 


Untuk itulah penanganan ikan (ikan air tawar segar ) paska penjualan (sisa ikan yang tidak laku di pasar ) dengan mengunakan suhu rendah (refrigrator) itu dilakukan, karena hasil dari penanganan itu dapat mempengaruhi baik dan buruknya kesegaran ikan sebagai bahan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesegaran ikan (paska penjualan) yang disimpan dalam messin pendingin (refrigrator)yang digunakan oleh pedagang ikan air tawar segar di pasar Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, dan untuk mengetahui kondisi dari mesin pendingin yang digunakan oleh pedagang ikan air tawar di pasar Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, tersebut dapat mempertahankan nilai jual dari ikan. Populasi dalam penelitian ini adalah air tawar segar yang disimpan dalam mesin pendingin (refrigerator) dari sisa penjualan ikan yang tidak laku di pasar Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. 

Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah ikan air tawar yang disimpan dalam mesin pendingin (refrigrator) dari sisa ikan yang tidak laku di pasar Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer yang dipeoleh dari hasil observasi langsung pada objek penelitian tanpa menggunakan perlakuan dan data sekunder diperoleh dari hasil wawancara dengan para responden mengenai nilai jual dari ikan. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan di pasar Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo bahwa ikan air tawar segar yang disimpan dalam mesin (refrigrator) masih dalam keadaan segar dan dapat mempertahankan nilai jual dari ikan.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/24/jiptummpp-gdl-s1-2004-kholifah97-1180-pendahul-n.pdf

0 comments:

Post a Comment