headline photo

Profil Tentang Usaha Penggilingan Daging Terhadap Indikasi Keberadaan Unsur Babi Dalam Produk Bakso Sapi Di Wilayah Kotamadya Malang

Thursday, August 23, 2012

Tujuan penelitian Untuk mengetahui kandungan unsur babi yang ada pada produk bakso sapi di wilayah Kota Malang dan untuk mengetahui tingkat keamanan dan kenyamanan dari segi kehalalan pada konsumen jasa penggilingan (pedagang bakso) di tempat jasa penggilingan daging diwilayah kota Malang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi tentang indikasi ada atau tidak adanya kandungan unsur babi pada produk bakso berangkat dari penggilingan daging yang ada diwilayah kota Malang dan untuk bahan informasi kepada LP-POM serta lembaga ? lembaga terkait lainnya dalam penentuan kebijakan mengenai keamanan pangan pada umumnya dan kehalalan produk bagi konsumen muslim pada khususnya.

Materi yang dipakai dalam penelitian ini meliputi data primer : data jumlah penggilingan daging yang ada di kotamadya Malang,. Peralatan yang dipergunakan sebagai pendukung adalah kuisioner dan alat tulis-menulis serta alat-alat pendukung lainnya. Data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner serta terjun langsung ke lapang serta mencatat hasil dari observasi dan penggalian informasi. Data sekunder sebagai pelengkap diperoleh dari data yang ada pada Biro Pusat Statistik (BPS) Kota Malang.
Beberapa penggilingan daging di kota Malang terindikasi menerima jasa penggilingan daging babi. Sistem penggilingan yang menerima penggilingan daging babi bersifat rahasia umum dan sangat hati-hati apabila menerima jasa ini. Orang-orang yang bekerja sebagai penjual/produsen bakso dan sesama pemilik jasa disekitar penggilingan umumnya tahu tempat yang menerima penggilingan daging babi dan tempat yang tidak menerima penggilingan daging babi. Pedagang bakso yang biasa memakai tambahan daging babi pada produk baksonya akan menggunakan jasa tempat penggilingan daging yang bebas menggilingkan daging babi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 24 jumlah penggilingan daging di Kota Malang 29,16 % menerima untuk menggilingkan daging babi atau berarti 7 tempat penggilingan menerima penggilingan daging babi dan sisanya 16 tempat tidak menerima gilingan daging babi. Hal ini menggambarkan bahwa bakso di kota Malang diindikasikan adanya unsur babi. Pemilik penyedia jasa penggilingan yang terindikasi menerima penggilingan daging babi adalah orang non-Muslim. Sebagian besar penyedia jasa penggilingan daging yang terindikasi menerima penggilingan daging babi terletak di Wilayah pusat kota karena mudahnya akses untuk mendapat daging babi.


TRANSLATION

Target of this research to know indication about pig element content on meat ball product in Malang city, safety level and healthy from legally aspect at meat-hulling service consumer (meat ball merchant) in meat-hulling service of Malang city. Result of this research is expected can be used as information about indication there or obstetrical inexistence of pig element at meat ball product leave from meat-hulling Malang city and to be information to LP-POM and other institute in determination of policy concerning food safety and legally of product to moslem consumer especially.
Materials such as in this research primary data : data of amount of meat-hulling in Malang city,. utilized Equipments as supporter is writing appliance and questionnaire and also other supporter appliance. Primary data obtained from spreading of questionnaire and also plunge direct to spacious and also note result of from and observation dig of information. Secundary data as complement obtained from data exist in Statistical Bureau Center Malang city.
Some meat-hulling in Malang city is indication accept of pork kibbling service. Acceptance of pork in kibbling system in meat-hulling to have character is public secret. Seller or meat ball producer and service kibbling owner around of meat-hulling another secretly about meat-hulling. Ordinary meat ball merchant wear pork addition at her product will be kibbling place service of free flesh pork.
Conclusion from this research is from 24 amount of meat-hulling in Malang city 29,16 % accepting to crush of pork or 7 meat-hulling place and the rest 16 place do not accept to crush of pork. This matter depict that meat ball in Malang city is indication of existence of pig element. Owner of meat-hulling which indication accept to crush of pork is non-Muslim people. Most meat-hulling service which indication accept to crush of pork located in downtown because easy to get pork.

0 comments:

Post a Comment