headline photo

Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Cerita Fiksi Di Sd Melalui Metode Sosiodrama

Friday, August 10, 2012

Masalah utama dalam tulisan ini yaitu bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran apresiasi cerita fiksi melalui metode sosiodrama agar kandungan nilai pendidikan, sikap, dan keterampilan dapat ditranfer secara alami oleh siswa khususnya di SD. Cerita rekaan merupakan salah satu bentuk karya seni memiliki sifat indah dan berguna. Sifat ini membuat pembaca atau penyimak senang menikmatinya. Oleh karena itu, guru sangat berperan membantu siswa dalam mencapai tuntutan kurikulum, seperti menemukan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita rekaan yang menyampaikan ajaran kebenaran, etika, moral, ketuhanan, kepahlawanan, semangat hidup, kemanusiaan, dan sebagainya yang kadang sulit dipahami dan ditemukan oleh anak, karena membutuhkan penghayatan, dan pelibatan mental intelektual yang tinggi.


Penggunaan metode sosiodrama sangat tepat digunakan dalam memahamkan teori sastra, sejarah sastra, dan keterampilan bersastra. Metode ini bertujuan untuk mempertunjukkan suatu perbuatan dari suatu pesan yang ingin disampaikan dari suatu peristiwa. Mendorong kemampuan berpikir dan berkreativitas, memungkinkan siswa berlatih dan mengembangkan keterampilan berbahasa serta berprilaku. Metode ini menjadikan pula siswa merasa senang, sedih, dan tertawa jika perannya dapat dijiwai dengan baik.
Download Link: http://adf.ly/BjzVr

0 comments:

Post a Comment