headline photo

Fungsi dan Kedudukan Rumah Tangga dalam Masyarakat dan Negara

Thursday, August 2, 2012

ABSTRAK Fungsi dan kedudukan rumah tangga dalam masyarakat dan negara adalah sangat penting. Suasana rumah tangga yang teratur dan rapi yang diliputi oleh mawaddah dan rahmah (cinta dan kasih sayang) pasti akan dapat mempertinggi mutu nilai kehidupan, yang berfungsi pula dapat mernperkokoh terbinanya suatu negara yang adil dan makmur, bahagia dan sejahtera. Seorang anak yang dapat menikmati kehidupan masa kanak-kanak yang sehat, dan mendapatkan pendidikan yang sesuai dan benar, maka pada masa remajanya ia akan mengalami kehidupan yang tenang, karena pada masa balita inilah dasar-dasar perkembangan kepribadian sedang diletakkan.


Jika anak mendapatkan kasih sayang dan pembimbingan dengan penuh ketulusan, maka kepribadiannya kelak akan berkembang dengan utuh dan teguh, sehat dan sempurna. Melihat kenyataan bahwa mayoritas warga di Desa Wadungasri mayoritas beragama Islam, maka eksistensi dari suatu keluarga yang harmonis terhadap pembentukan kepribadian anak cukup dominan dalam membentuk generasi yang berkualitas demi tegaknya syariat Islam. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut di atas, dapat dirumuskan : pertama, bagaimana keharmonisan keluarga di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, kedua bagaimana pola kepribadian anak, di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, ketiga Bagaimana keharmonisan keluarga setelah adanya urbanisasi terhadap pola kepribadian anak di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Adapun tujuan penelitian ini adalah : pertama, untuk mengetahui keharmonisan keluarga di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, kedua, untuk mengetahui keadaan pola kepribadian anak di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, ketiga, untuk mengetahui keadaan keharmonisan keluarga terhadap pola kepribadian anak setelah adanya urbanisasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : pertama, keharmonisan keluarga di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo dapat digolongkan cukup harmonis. Terbukti dengan responden yang dijadikan sampel dalam penelitian, kebanyakan mereka bertanggung jawab terhadap keluarga dan mereka juga saling mencintai, saling memaafkan, saling menghargai, dan saling pengertian, kedua, keadaan pola kepribadian Anak di Desa Wadungasri kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, termasuk dalam kategori baik. Hal ini dilihat dari jawaban responden yang mayoritas ketaatan menjalankan ajaran agama baik, patuh pada orang tua dan guru.

Disamping itu kebanyakan dari mereka bergaul cukup baik dengan masyarakal dan teman. Ketiga, Pola kepribadian anak cukup tidak terpengaruh adanya urbanisasi, karena para ulama masyarakatnya sudah mengantisipasi sebelumnya, dengan jalan mendirikan dan memperkokoh lembaga pendidikan dan pondok pesantren sebagai bagian dari kebutuhan adanya urbanisasi, yaitu dengan mendirikan 2 lembaga pendidikan fullday school, Taman pendidikan al-Qur an dan 2 pondok pesantr.
http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/233/jiptummpp-gdl-s2-2008-umars-11611-Pendahul-n.pdf

0 comments:

Post a Comment