headline photo

Pengaruh Iklan Obat Flu Di Televisi Terhadap Pemilihan Obat

Wednesday, August 1, 2012

Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi yang mengisyaratkan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu media. Salah satu media yang digunakan sebagai alat komunikasi adalah televisi., karena memberikan dampak yang besar dalam mempengaruhi masyarakat. Salah satu program televisi yang menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan fisik adalah iklan. 

Iklan yang dimaksud adalah iklan obat flu, karena banyak dijumpai pada masyarakat. Hal ini kecenderungan membuat masyarakat untuk melakukan pengobatan sendiri (swamedikasi) sebagai penyelesaian dari masyarakat dari masalah kesehatan yang mereka kenali sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel 102 responden. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas dan lat analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, uji t, dan analisis regresi.

Berdasarkan hasil penelitian pada analisa korelasi yaitu r hitung = 0,645 > r tabel = 0,195 maka terdapat hubungan antara iklan obat flu ditelevisi dengan pemilihan obat secara swamedikasi. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung = 2,376 > t tabel = 1,980 maka iklan obat flu ditelevisi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan obat secara swamedikasi dengan persamaan regresi Y = 4,803 + 0,522x maka bila indikator iklan obat flu di televisi bertambah 1 maka pemilihan produk obat flu secara swamedikasi akan meningkat 0,522. Nilai sig. Sebesar 0,000<0,05 maka disimpulkan koefisien korelasi pengaruh obat flu terhadap pemilihan obat secara swamedikasi signifikan.

http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/417/jiptumm-gdl-hidajahrac-20834-1-farmasai-2.pdf

0 comments:

Post a Comment