headline photo

Pengaruh Budaya Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar

Wednesday, August 1, 2012

Penelitian ini mengkaji masalah  bagaimana gambaran empirik tentang pengaruh budaya sekolah dan motivasi berprestasi guru  terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Swasta se-Kabupaten Bandung. Tujuan pokok masalah adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru dalam mengajar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Sampel diambil secara random 94 orang guru dari jumlah populasi 1453 orang guru. Lokasi penelitian dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama Swasta se-Kabupaten Bandung. Objek yang diteliti adalah guru. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden . Alat analisisi yang digunakan adalah regresi  parsial dan regresi berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh budaya sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Swasta se-Kabupaten Bandug secara umum setelah diuji, memiliki kecenderungan baik, (2) pengaruh motivasi berprestasi guru pada Sekolah Menengah Pertama Swasta se-Kabupaten Bandung secara umum setelah diuji, memiliki kecenderungan baik,  (3) pengaruh budaya sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru dalam mengajar pada Sekolah Menengah Pertama Swasta Se-Kabupaten Bandung secara umum setelah diuji, memiliki kecenderungan baik, (4) terdapat pengaruh  signifikan budaya  sekolah terhadap kinerja guru dalam mengajar, (5) terdapat pengaruh signifikan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru dalam mengajar, (6) terdapat pengaruh signifikan budaya sekolah bersama-sama dengan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru dalam mengajar.

Rekomendasi berdasarkan hasil temuan di lapangan, kepada para guru sebagai pelaku pendidikan diharapkan untuk meningkatkan aspek kemampuan dalam  mempersiapkan dan melaksanakan evaluasi pengajararan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Dengan motivasi berprestasi guru diharapkan mendapatkan pengaruh yang cukup kuat terhadap kinerja guru dalam mengajar., Melalui budaya sekolah terhadap kinerja yang formal dilakukan setiap saat misalnya ; diklat, seminar, lokakarya  ataupun IHT baik diadakan di sekolah masing-masing maupun atas undangan dari pihak lain pada setiap awal tahun  ajaran baru.
http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=11218

0 comments:

Post a Comment